GBPP Propaganda

 

===============================================================================================================================

 

GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)

                                                              ===================================================================

 

 

Program Studi : Ilmu Komunikasi

 

Silabus/Deskripsisingkat Matakuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa dalam memahami dan menerapkan kegiatan Propaganda dan Opini Publik sebagai bentuk Ilmu Komunikasi Praktika
TujuanPembelajaran/

Kompetensi Umum

  1. Peserta didik setelah menuntaskan pembelajaran ini mampu berfikir kritis, dinamis dan berwawasan luas dalam menganalisis dan mengevaluasi masalah propaganda dan opini publik dalam dinamika kehidupan sehari-hari.
  2. Peserta didik mampu berkreasi dam memiliki ketrampilan memadai untuk menjadi penggagas dan pengelola propaganda dan opini publik yang profesional.

 

No.

Sub Kompetensi

Pokok Bahasan/Topik

Sub Pokok Bahasan/

Sub Topik

Metode

Media

Waktu

 

Sumber/refeRensi

1

 

2

3

 

5

 

6

1.

Mahasiswa memahami gambaran umum, tujuan perkuliahan. Dan indikator penilaian Pengantar Perkuliahan –      Pembuatan kontrak perkuliahan-      Penjelasan  SAP, sistem pembelajaran dan sistem penentuan nilai Temu muka; diskusimetode SCL (Student Centre Learning) OHP/In Focus, whiteBoard,

Spidol

2,5 Jam

2.

Mahasiswa memahami, mengetahui Pengertian dan Teori Propaganda Propaganda, Komunikasi,Pengertian dan Teori Propaganda –      Pengertian William Albig,Encyclopedia International, Everyman’s Encyclopedia-      Teori dari Qualter, Lasswell, Bernays, Lindley Fraser,Michael H. Prosser, Ralph D. Casey, Yuri Bobrakov

 

Temu muka; diskusimetode SCL. OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Nurudin,Komunikasi Propaganda.

 

Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa

3.

Agar mahasiswa bisa memahami, mengetahui berbagai Pengelompokan Propaganda Pengelompokan  dan Praktik Propaganda –    Teknik Propaganda-    Status Propagandis

–    Jenis-jenisPropaganda

–    Menurut Sistem

–  Menurut  Metoda Perubahan Sikap

–    Menurut Sumber

–    Menurut Sifat

–    Menurut Wilayah

–  Menurut Status atau Kedudukan

–  Menurut Penggunaan Sarana/ Media

–  Menurut Jenis Kegiatan

–  Kiat-kiat Propaganda

Temu muka; diskusi,metode SCL studi kasus OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Nurudin,Komunikasi Propaganda.

 

Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa

4.

Agar mahasiswa bisa memahami, mengetahui apa yang dimaksud dengan Propaganda dan Komunikasi Massa Praktik Propaganda dan Komunikasi Massa –    Hambatan-hambatan Komunikasi-    Saluran Komunikasi.

  • § Media Propaganda
  • § Media Massa
  • § Media Komunikasi Tradisional.
Temu muka; diskusi atau metode SCL. OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Nurudin,Komunikasi Propaganda.

 

Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa

5.

Mahasiswa mampu memahami tentang Perbedaan Kampanye, Agitasi, Sensasi, Sugesti, Gosip, Rumor Perbedaan Kampanye, Agitasi, Sensasi, Sugesti, Gosip, Rumor –    Kampanye-    Agitasi

–    Sensasi

–    Sugesti

–    Gosip

–    Rumor

 

Temu muka; diskiusi atau metode SCL. OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa

6.

Agar para mahasiswa mengetahui dan memahami Umpan Balik dan Effek, FeedBack Effect Propaganda Umpan Balik dan Effek, FeedBack Effect Propaganda –    Respon dan reaksi-    Effek Komunikasi

 

 

Temu muka; diskusi dan presentasi OHP/IN FOCUS,White

Board

spidol

2,5 Jam Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa

7.

Agar para mahasiswa mengetahui dan memahami Teknik Propaganda Teknik Propaganda –    Teknik Hitler-    Teknik H. Childs

–  Teknik Hummel dan Huntress

–    Teknik Hitler

–  Pengamatan Institute of Propaganda Analylsis

–   Teknik Propaganda di RRC

Temu muka; diskusi dan presentasi OHP/IN FOCUS,White

Board

spidol

2,5 Jam Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa
    8. Agar para mahasiswa mengetahui dan memahami Opini Publik sebagai Kajian Komunikasi Memahami Opini Publik sebagai Kajian Komunikasi –  OP sebagai efek komunikasi-    Pengertian Komunikasi

–  Proses Komunikasi

–  Bentuk-bentuk Komunikasi

–  Feedback Komunikasi

–  Effek Komunikasi

Temu muka; presentasi dan diskusi. OHP/IN FOCUS,White

Board

spidol

2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

    9. Mahasiswa mengetahui dan memahami Pengertian Opini Publik (OP) OP dan Sikap –      Pengertian Opini-      Pengertian Publik Temu muka; atau metode SCL. OHP/In Focus, whiteBoard,

Spidol

2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

   10. Mahasiswa mengetahui dan memahami Perbedaan Opini dan Sikap, serta Macam-macam Opini perbedaan opini dan sikap.Jenis-jenis opini –      Pernyataan Opini-      Karakteristik Sikap

–      Opini dan Sikap

–      Sikap dan Persepsi

–      Macam-macam Opini

–      Definisi OP

Temu muka; atau metode SCL. OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

   11. Mahasiswa mampu memiliki pemahaman mengenai Pembentukan OP Syarat Pembentukan OP       Meningkatnya Peranan OP-      Empat Unsur yang Menimbulkan OP

–      Perbedaan Definisi

–      Jenis Pengertian OP

Temu muka; atau metode SCL. OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

   12. Mahasiswa mampu memiliki pemahaman mengenai Proses Pembentukan OP Proses Pembentukan OP –      Situasi OP-      OP dan Isu

–      Proses Pembentukan OP

–      Jenis-jenis isu

–      OP Tidak Murni

–      Apakah OP timbul di tiap Masyarakat

Temu muka;  atau metode SCL. OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

   13. Mahasiswa mampu memiliki pemahaman mengenai Karakteristik, Bentuk dan Sifat, serta Potensi dan Kompetensi OP Karakteristik, Bentuk dan Sifat, serta Potensi dan Kompetensi OP –      Karakteristik Op-      Adanya  Isu

–      Hakikat Publik

–      Pernyataan Pendapat

–      Kepercayaan yang Komplek dalam suatu Publik

–      Jumlah orang yang terlibat

–      Bentuk OP.

–      Sifat OP

–      Potensi OP dan Komunikasi.

–      Kekuatan OP.

–      Hukum-hukum OP

Tatap muka, presentasi,Diskusi OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

   14. Mahasiswa memahami Prinsip-prinsip OP ditinjau dari Aspek Sosiologi, Psikologi, dan Lingkungan. Prinsip-prinsip OP ditinjau dari Aspek Sosiologi, Psikologi, dan Lingkungan. –      Pengertian Sosiologi-      Individu dalam Kelompok

–      Bentuk Kelompok

–      Publik.

–      Kelompok Sosial Berperan Dalam Pembentukan OP.

–      Pengertian Psikologi

–      Persepsi

–      Sikap

–      Persepsi dan Sikap Berperan dalam pembentukan OP

–      Faktor Lingkungan

–      Interaksi Sosial dengan Lingkungan

–      Faktor Lingkungan Berperan dalam Pembentukan OP

Tatap muka, presentasi, Diskusi OHP/IN FOCUS, white board, spidol 2,5 Jam Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,

Opini Publik

DAFTAR PUSTAKA

Nurudin, 2008, Komunikasi Propaganda, Cetakan Ketiga, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sastropoetro, Santoso, 1983, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa, Bandung, Alumni.

Soemirat, Betty RFS dan Eddy Yehuda, 2007, Materi Pokok Opini Publik, Cetakan Kelima, Jakarta, Universitas Terbuka.

Leave a comment

Your comment

*