GBPP Propaganda
===============================================================================================================================
GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
===================================================================
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Silabus/Deskripsisingkat | Matakuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa dalam memahami dan menerapkan kegiatan Propaganda dan Opini Publik sebagai bentuk Ilmu Komunikasi Praktika |
TujuanPembelajaran/
Kompetensi Umum |
|
No. |
Sub Kompetensi |
Pokok Bahasan/Topik |
Sub Pokok Bahasan/ Sub Topik |
Metode |
Media |
Waktu
|
Sumber/refeRensi |
1 |
|
2 |
3 |
|
5 |
|
6 |
1. |
Mahasiswa memahami gambaran umum, tujuan perkuliahan. Dan indikator penilaian | Pengantar Perkuliahan | – Pembuatan kontrak perkuliahan- Penjelasan SAP, sistem pembelajaran dan sistem penentuan nilai | Temu muka; diskusimetode SCL (Student Centre Learning) | OHP/In Focus, whiteBoard,
Spidol |
2,5 Jam | |
2. |
Mahasiswa memahami, mengetahui Pengertian dan Teori Propaganda | Propaganda, Komunikasi,Pengertian dan Teori Propaganda | – Pengertian William Albig,Encyclopedia International, Everyman’s Encyclopedia- Teori dari Qualter, Lasswell, Bernays, Lindley Fraser,Michael H. Prosser, Ralph D. Casey, Yuri Bobrakov
|
Temu muka; diskusimetode SCL. | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Nurudin,Komunikasi Propaganda.
Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa |
3. |
Agar mahasiswa bisa memahami, mengetahui berbagai Pengelompokan Propaganda | Pengelompokan dan Praktik Propaganda | – Teknik Propaganda- Status Propagandis
– Jenis-jenisPropaganda – Menurut Sistem – Menurut Metoda Perubahan Sikap – Menurut Sumber – Menurut Sifat – Menurut Wilayah – Menurut Status atau Kedudukan – Menurut Penggunaan Sarana/ Media – Menurut Jenis Kegiatan – Kiat-kiat Propaganda |
Temu muka; diskusi,metode SCL studi kasus | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Nurudin,Komunikasi Propaganda.
Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa |
4. |
Agar mahasiswa bisa memahami, mengetahui apa yang dimaksud dengan Propaganda dan Komunikasi Massa | Praktik Propaganda dan Komunikasi Massa | – Hambatan-hambatan Komunikasi- Saluran Komunikasi.
|
Temu muka; diskusi atau metode SCL. | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Nurudin,Komunikasi Propaganda.
Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa |
5. |
Mahasiswa mampu memahami tentang Perbedaan Kampanye, Agitasi, Sensasi, Sugesti, Gosip, Rumor | Perbedaan Kampanye, Agitasi, Sensasi, Sugesti, Gosip, Rumor | – Kampanye- Agitasi
– Sensasi – Sugesti – Gosip – Rumor
|
Temu muka; diskiusi atau metode SCL. | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa |
6. |
Agar para mahasiswa mengetahui dan memahami Umpan Balik dan Effek, FeedBack Effect Propaganda | Umpan Balik dan Effek, FeedBack Effect Propaganda | – Respon dan reaksi- Effek Komunikasi
|
Temu muka; diskusi dan presentasi | OHP/IN FOCUS,White
Board spidol |
2,5 Jam | Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa |
7. |
Agar para mahasiswa mengetahui dan memahami Teknik Propaganda | Teknik Propaganda | – Teknik Hitler- Teknik H. Childs
– Teknik Hummel dan Huntress – Teknik Hitler – Pengamatan Institute of Propaganda Analylsis – Teknik Propaganda di RRC |
Temu muka; diskusi dan presentasi | OHP/IN FOCUS,White
Board spidol |
2,5 Jam | Santoso Satropoetro, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa |
8. | Agar para mahasiswa mengetahui dan memahami Opini Publik sebagai Kajian Komunikasi | Memahami Opini Publik sebagai Kajian Komunikasi | – OP sebagai efek komunikasi- Pengertian Komunikasi
– Proses Komunikasi – Bentuk-bentuk Komunikasi – Feedback Komunikasi – Effek Komunikasi |
Temu muka; presentasi dan diskusi. | OHP/IN FOCUS,White
Board spidol |
2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
9. | Mahasiswa mengetahui dan memahami Pengertian Opini Publik (OP) | OP dan Sikap | – Pengertian Opini- Pengertian Publik | Temu muka; atau metode SCL. | OHP/In Focus, whiteBoard,
Spidol |
2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
10. | Mahasiswa mengetahui dan memahami Perbedaan Opini dan Sikap, serta Macam-macam Opini | perbedaan opini dan sikap.Jenis-jenis opini | – Pernyataan Opini- Karakteristik Sikap
– Opini dan Sikap – Sikap dan Persepsi – Macam-macam Opini – Definisi OP |
Temu muka; atau metode SCL. | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
11. | Mahasiswa mampu memiliki pemahaman mengenai Pembentukan OP | Syarat Pembentukan OP | Meningkatnya Peranan OP- Empat Unsur yang Menimbulkan OP
– Perbedaan Definisi – Jenis Pengertian OP |
Temu muka; atau metode SCL. | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
12. | Mahasiswa mampu memiliki pemahaman mengenai Proses Pembentukan OP | Proses Pembentukan OP | – Situasi OP- OP dan Isu
– Proses Pembentukan OP – Jenis-jenis isu – OP Tidak Murni – Apakah OP timbul di tiap Masyarakat |
Temu muka; atau metode SCL. | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
13. | Mahasiswa mampu memiliki pemahaman mengenai Karakteristik, Bentuk dan Sifat, serta Potensi dan Kompetensi OP | Karakteristik, Bentuk dan Sifat, serta Potensi dan Kompetensi OP | – Karakteristik Op- Adanya Isu
– Hakikat Publik – Pernyataan Pendapat – Kepercayaan yang Komplek dalam suatu Publik – Jumlah orang yang terlibat – Bentuk OP. – Sifat OP – Potensi OP dan Komunikasi. – Kekuatan OP. – Hukum-hukum OP |
Tatap muka, presentasi,Diskusi | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
14. | Mahasiswa memahami Prinsip-prinsip OP ditinjau dari Aspek Sosiologi, Psikologi, dan Lingkungan. | Prinsip-prinsip OP ditinjau dari Aspek Sosiologi, Psikologi, dan Lingkungan. | – Pengertian Sosiologi- Individu dalam Kelompok
– Bentuk Kelompok – Publik. – Kelompok Sosial Berperan Dalam Pembentukan OP. – Pengertian Psikologi – Persepsi – Sikap – Persepsi dan Sikap Berperan dalam pembentukan OP – Faktor Lingkungan – Interaksi Sosial dengan Lingkungan – Faktor Lingkungan Berperan dalam Pembentukan OP |
Tatap muka, presentasi, Diskusi | OHP/IN FOCUS, white board, spidol | 2,5 Jam | Betty RFB.SoemiratEddy Yehuda,
Opini Publik |
DAFTAR PUSTAKA
Nurudin, 2008, Komunikasi Propaganda, Cetakan Ketiga, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sastropoetro, Santoso, 1983, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa, Bandung, Alumni.
Soemirat, Betty RFS dan Eddy Yehuda, 2007, Materi Pokok Opini Publik, Cetakan Kelima, Jakarta, Universitas Terbuka.